DEVOTION
Komitmen Rut

Post : Selasa, 20 September 2016 by : Santoso H

Rut 1:16

Rut seorang perempuan yang berasal dari bangsa Moab. Bangsa ini dikenal sebagai bangsa yang tidak mengenal Allah atau bangsa kafir yang sering melakukan penyembahan berhala. Setelah Rut menikah dengan salah satu anak Naomi, peristiwa buruk menimpanya, suaminya meninggal dunia. Juga Suami Naomi dan anak lelaki Naomi lainnya juga meninggal dunia.

Ini adalah bencana besar untuk keluarga Naomi di Moab. Latar belakang Rut yang buruk dan bencana keluarga yang dialaminya menyisakan sesuatu yang penuh rahasia buat Naomi, sang mertua perempuan. Mengapa Rut sangat berani dan konsisten dengan perkataannya kepada Naomi? baca Rut 1:16).

Siapakah Rut di mata Naomi selain sebagai menantunya? Pemikiran manusia seperti Naomi adalah wajar, sebaiknya Rut tidak perlu lagi mengikuti Naomi karena secara keturunan, Naomi tidak bisa lagi memberikan anak lelakinya kepada Rut, karena sudah tidak ada lagi anak lelaki dari Naomi. Namun Rut tetap mendekat dan berkesan melekat ke dalam kehidupan Naomi sebagai seorang asal Betlehem Yehuda, yakni seorang yang percaya kepada Allah.

Ada satu rahasia Ilahi yang sungguh mendorong Rut untuk berkata "Allahmu adalah Allahku" (Rut 1:16). Darimana keberanian Rut untuk berkata demikian, kalau bukan dari Allah yang hidup dan berkuasa? Dan dari Allah yang memiliki rencana kekal buat Rut? Mari kita lihat dengan seksama. Komitmen Rut mengikuti Naomi, bukanlah satu bentuk kepentingan pribadi Rut, tetapi ada kepentingan Tuhan.

Ketika Rut berespon benar dan bijak terhadap situasi yang dialaminya, Tuhan menyertai Rut setibanya di Betlehem Yehuda. Komitmennya menuntun dia tiba di satu musim baru yang Ilahi. Tuhan menyertai Rut karena melalui Rut bersama suaminya, Boas, Tuhan merealisasikan kelahiran Obed, yakni sebagai Kakek dari Daud, Sang Raja Israel. Melalui Daud, Mesias yakni Yesus Kristus akan dilahirkan.

Komitmen kepada Firman Tuhan tidak pernah gagal dan tidak pernah mengecewakan.

RECENT DEVOTION

Mengenal Gembala

Domba adalah hewan yang penurut dan ramah. Tadinya saya pikir hanya anjing yang bisa memiliki nama dan datang ketika kita memanggilnya. Ternyata domba juga demikian.

Bapa yang Baik, Bapa yang Sempurna

Alkitab mengajarkan bahwa, mengenal Tuhan dengan benar adalah hal yang begitu penting. Dalam Hosea 4:6 dikatakan: Umat-Ku binasa

Yesus Sang Raja Kemuliaan

Raja Kemuliaan itu adalah Tuhan Yesus, sebagai sang Mesias. Ketika Yesaya berbicara tentang kedatangan Yesus Kristus, ia bernubuat bahwa di dalam Kristus kemuliaan Allah akan dinyatakan untuk dilihat

Kasih Sejati

Secara umum orang merayakan Hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2016. Apakah peringatan ini sebagai suatu hal yang positif? Valentine diambil dari nama seorang pendeta katolik yan bernama Santo Valentinus.

VIDEO